Minggu, 27 Maret 2011

Al Jumlah Al Mufidah


Kalimat Sempurna (berfaidah)

1. Taman itu bagus

2. Matahari terbit

3. Ali Mencium Bunga Mawar

4.  Muhammad memetik bunga

5.  Ikan hidup di dalam air

6.  Pohon kurma banyak  di Mesir

البَحْثُ

(pembahasan)


Apabila kita memperhatikan susunan contoh ke-1 kita akan mendapatinya tersusun dari dua kata, yang pertama البُسْتَانُُُُُُُُ dan kedua جَمِيْلٌ. Jika kita mengucapkan kata pertama saja “taman” kepada seseorang, maka kita tidak memahami kecuali makna tunggalnya saja, dan pastilah orang yang diajak bicara tidak merasa cukup (akan bertanya lagi, kenapa taman?) begitu juga jika kita ambil kata kedua saja “Indah”. Akan tetapi jika kita rangkai kedua kata ini dan kita ucapkan


البُسْتَانُُُُُُُُ جَمِيْلٌ


(taman itu indah)


kita mampu memahaminya dengan makna yang sempurna, dan kita bisa mengambil faidah dari kalimat itu, yaitu mensifati “taman” dengan sifat “indah”. Oleh karena itu kalimat seperti ini disebut JUMLAH MUFIDAH (KALIMAT YANG BERFAIDAH). Dan setiap kalimat yang tersusun dari dua kata seperti ini, maka ia termasuk ke jumlah mufidah begitupun dengan 5 contah sisanya.


Dengan ini kamu bisa melihat bahwa satu kata saja tidak akan mencukupkan lawan bicara (akan bertanya lagi maksudnya) oleh karena itu mestilah suatu kalimat tersusun dari dua kata atau lebih sampai bisa dimengerti maksudnya. Adapun contoh:

قُمْ

berdirilah!


اِجْلِسْ

duduklah!


تَكَلَّمْ

berbicaralah!


Secara dzahir, hanya satu kaja, akan tetapi ia termasuk jumlah mufidah, karena lawan bicara pasti mengerti maksud ucapan ini. Sebenarnya untuk kalimat seperti ini tidak tersusun dari satu kata saja, akan tetapi dari dua kata. Salah satunya dilafadzkan yaitu قُمْ" dan kata lainnya tidak dilafadzkan yaitu اَنْتَ" yang membuat lawan bicara paham meski tidak disebut (karena makna dari kata perintah adalah berdirilah kamu! Duduklah kamu! Berbicaralah kamu!).


KAIDAH:


  1. Susunan kata yang memberikan faidah / pemahaman yang sempurna disebut jumlah mufidah
  2. Jumlah Mufidah atau kalimat sempurna tersusun dari dua kata atau lebih sampai dapat dipahami maksudnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar